Cara Menilai
Kinerja Guru dalam PKG
Ada dua cara menilai kinerja guru dalam PKG, yaitu melalui
pengamatan dan melalui pemantauan. Pengamatan adalah kegiatan untuk menilai
kinerja guru melalui diskusi sebelum pengamatan, pengamatan selama pelaksanaan
proses pembelajaran, dan diskusi setelah pengamatan. Pemantauan adalah kegiatan
untuk menilai kinerja guru melalui pemeriksaan dokumen, wawancara dengan guru
yang dinilai, dan/atau wawancara dengan warga sekolah.
Kompetensi
|
Cara Menilai
|
Pedagogik
| |
1. Menguasai karakteristik peserta didik
|
Pengamatan & pemantauan
|
2. Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsippembelajaran yang mendidik
|
Pengamatan
|
3. Pengembangan kurikulum
|
Pengamatan
|
4. Kegiatan pembelajaran yang mendidik
|
Pengamatan
|
5. Pengembangan potensi peserta didik
|
Pengamatan & pemantauan
|
6. Komunikasi dengan peserta didik
|
Pengamatan
|
7. Penilaian dan evaluasi
|
Pengamatan
|
Kepribadian
| |
8. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum,sosial, dan kebudayaan nasional
|
Pengamatan & pemantauan
|
9. Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
|
Pengamatan & pemantauan
|
10. Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa banggamenjadi guru
|
Pengamatan & pemantauan
|
Sosial
| |
11. Bersikap inklusif, bertindak obyektif,
serta tidak diskriminatif |
Pengamatan & pemantauan
|
12. Komunikasi dengan sesama guru,
tenagakependidikan, orang tua, peserta didik, danmasyarakat
|
Pemantauan
|
Profesional
| |
13. Penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikirkeilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Pengamatan
|
14. Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakanyang reflektif
|
Pemantauan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar